Tips Berkendara Aman di Musim Hujan

Sekarang sudah bulan oktober dan mulai memasuki musim penghujan. Rata-rata orang senang dengan musim hujan. Musim hujan juga identik dengan 1 kata banjir dan air. Bagi mereka yang aktivitasnya padat atau selalu mobile, mau tidak mau pasti akan berkutat dengan 2 hal di atas, air dan banjir, apalagi jika hidup di kota besar seperti Jakarta. Pasti sudah akrab dengan genangan air dan banjir. Oleh karena itu, saya ingin berbagi info beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mengendarai kendaraan (baik motor atau mobil) selagi hujan atau bahkan melewati genangan air/banjir.

Jangan menerobos genangan air

Karena kita tidak tahu seberapa dalam genangan tersebut. Lihat dan perhatikan dahulu pengendara yang ada di depan kita, apakah aman untuk dilalui atau tidak. Umumnya, tinggi  genangan air yang bisa ditolerir adalah setengah dari ban (standar, bukan yang sudah di tinggi atau diceperkan).

Jika sudah terlanjur masuk di genangan air dan kendaraan anda mati, jangan sekali-kali mencoba untuk menghidupkan, demi menghindari konsleting atau kerusakan mesin yang lebih parah.

Hidupkan lampu

Untuk menjaga keamanan, hidupkan lampu kendaraan anda saat terjadi hujan. Walaupun hujannya tidak begitu deras, namun menghidupkan lampu kendaraan akan memudahkan anda dan pengemudi lainnya dalam mewaspadai keberadaan satu sama lain.

Kurangi Kecepatan Kendaraan anda

Saat keadaan jalanan basah, daya cengkram rem akan berkurang. Oleh karena itu, hindari pengereman yang kuat karena beresiko slip. Usahakan bermainlah dengan pengaturan gas dalam pengaturan kecepatan. Satu lagi yang perlu diperhatikan adalah saat basah, jarak pengereman akan lebih jauh dari kondisi kering, oleh karena itu jangan sekali-kali berniat untuk ngebut saat kondisi hujan.

Fokus pada Pandangan Mata

Karena hujan, pandangan mata pasti akan terganggu. Jika naik motor, buka kaca helm agar pandangan menjadi lebih jelas. Jika mengendarai mobil, atur kecepatan wiper mobil anda. Bahkan, jika dirasa hujan semakin deras, tidak salahnya untuk menepikan kendaraan anda demi keselamatan.

Berjalanlah agak di tengah

Dengan kondisi hujan dan jalanan yang tergenang, maka seringkali kita susah membedakan mana jalanan dengan saluran air. Oleh karena itu, sebisa mungkin berjalan di jalan dengan posisi agak di tengah demi menghindari terperosok ke saluran air atau lubang.

Jangan Panik

Disamping ke empat hal diatas, konsentrasi merupakan hal yang penting dalam mengendarai di cuaca hujan. Jangan sampai kita panik saat tiba-tiba genangan air menjadi dalam atau kebingungan mau melakukan apa saat mesin tiba-tiba mati disaat hujan deras.

Demikian poin-poin yang dapat diperhatikan saat mengendarai kendaraan saat cuaca hujan atau bahkan menghadapi genangan air/banjir. Semoga bermanfaat…

sumber : http://margarethacyntia.blogspot.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s